Di Lahat Batu Bara Melimpah

PALEMBANG: Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, memiliki cadangan batubara 2,71 miliar ton dan mulai dieksploitasi sejak 2009 dengan produksi 5,918 juta ton per tahun.

Bupati Lahat Syaifudin Aswari Rivai di Palembang, Kamis 7 April 2011, mengatakan, di daerahnya kini terdapat 17 perusahaan swasta yang memiliki izin usaha pertambangan (IUP) dengan total produksi 5,918 juta ton batubara per tahun.

Berbicara pada seminar “Mencari Solusi Angkutan Batubara di Sumsel” ia menjelaskan, 12 IUP swasta dengan produksi sekitar 2,774 juta ton per tahun mengangkut batubaranya dengan “dump truck”, sementara produksi dua IUP milik PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) menggunakan kereta api.

Dikemukakannya, saat ini di daerahnya masih ada 38 IUP batubara yang belum berproduksi. Untuk mengantisipasi padatnya kendaraan di jalan raya dari Lahat ke Palembang, pemerintah kabupaten berencana membangun jalan khusus.

Pembangunan jalan khusus itu akan dikerjakan PT Servo Lintas Raya (PT SLR). Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumsel juga telah menyetujui pembangunan jalan kereta api (KA) dua jalur untuk angkutan batubara.

Pihaknya menargetkan jalan khusus batubara itu beroperasi awal 2012.
Tentang permasalahan dihadapi di lapangan, menurut Aswari, adalah soal pembebasan lahan milik warga. “Biasanya, kalau mengetahui informasi akan dibangun jalan khusus angkutan batubara, warga cenderung menaikkan harga jual tanahnya,” katanya.

Di samping itu, warga juga mau semua lahan mereka dibebaskan meski tidak seluruhnya terkena proyek pembuatan jalan.

“Belum lagi permasalahan lain, karena jalan khusus angkutan batubara itu juga membutuhkan 70 unit jembatan baru karena banyak sungai dilintasi,” katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Yusri Efendi menyatakan, provinsi itu memiliki cadangan batubara 22,24 miliar ton, atau 48,45 persen dari total cadangan nasional.

Cadangan batubara sebanyak itu terdapat di wilayah mulut tambang Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, juga di perut bumi wilayah pertambangan Kabupaten Lahat dan beberapa daerah lainnya.

Sejumlah daerah yang memiliki cadangan batubara di Sumsel adalah Kabupaten Musi Rawas, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, Ogan Komering Ulu Timur dan Kota Prabumulih. Namun baru di Kabupaten Muara Enim dan Lahat yang sudah dieksploitasi. (ant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s