Gubernur Sumsel Larang Angkutan Batubara Lewat Jalan Umum

PALEMBANG: Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin, mulai akhir 2011 melarang semua angkutan batubara melawati jalan umum, karena salah satu sarana perhubungan tersebut akan cepat rusak.

Asisten Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel Eddy Hermanto mengatakan, gubernur sudah menegaskan bahwa kendaraan yang mengangkut batubara mulai akhir 2011 semuanya tidak diperbolehkan lagi melalui jalan umum.

“Kondisi jalan akan mudah rusak, karena adanya angkutan batubara yang setiap hari selalu lewat, dan sering terjadi kemacetan arus lalu lintas kendaraan,” katanya di Palembang Sabtu 2 April 2011.

Dikatakannya, upaya agar mobil tersebut tetap bisa mengangkut batubara, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan perusahaan untuk membuat jalan khusus.

Jalan khusus angkutan batubara tersebut dalam waktu dekat ini pembangunannya akan dikerjakan, karena sekarang tinggal menunggu proses perizinan, katanya lagi.

Sebelumnya Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Perkeretaapian, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Novrie Dalimunte mengatakan, salah satu perusahaan swasta nasional akan membangun jalan khusus angkutan batubara itu.

Ia mengatakan, pembangunan jalan khusus tersebut sepanjang 228 kilometer dari Kabupaten Lahat dan Muara Enim menuju pelabuhan samudera Tanjung Api-Api.

Menurut dia, pembangunan jalan khusus angkutan batubara itu untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas kendaraan. (ant)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s