Cadangan Batubara RI Akan Habis dalam 80 Tahun

Jakarta – Peran batubara sebagai sumber energi terus mengalami peningkatan. Namun pengelolaan batubara harus dilakukan dengan hati-hati karena cadangan batubara Indonesia akan habis dalam 80 tahun.

Demikian disampaikan oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh saat melantik Dirjen Mineral dan Batubara Thamrin Sihite, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (6/5/2011).

Darwin mengatakan, peran batubara dalam pemenuhan energi nasional terus mengalami peningkatan dari 41 juta ton di 2005 menjadi 67 juta ton di 2010. Sementara itu, dalam bauran energi nasional, proporsi batubara di 2005 sebesar 19% dan menjadi 23% di 2010.

“Proporsi ini ditargetkan terus meningkat mencapai 33% di 2025,” ujar Menteri.

Selain itu, di sektor listrik, penggunaan batubara membuat biaya produksi listrik jauh lebih murah. Darwin mengatakan, Biaya Pokok Produksi (BPP) listrik dari batubara sekitar Rp 700/Kwh dan untuk listrik dari bahan bakar minyak lebih besar dari Rp 2.000/Kwh.

“Di sini, Dirjen Minerba dan Dirjen Listrik perlu terus bekerjasama untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap bahan bakar minyak dan gas,” jelas Darwin.

Darwin mengatakan kepada Thamrin, tantangan pengelolaan batubara ke depan penuh tantangan karena cadangan batubara Indonesia akan habis dalam 80 tahun. “Jumlah cadangan sebesar 21,13 miliar ton dan tingkat produksi sebesar 275 juta ton per tahun untuk tambang terbuka,” jelasnya.

“Menjadi tantangan bersama Dirjen Minerba dan unit-unit maupun Kementerian lain untuk mendukung percepatan pembangunan infrastuktur batubara sehingga dapat mencapai target yang diharapkan,” tukas Darwin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s