Anak Usaha Adaro Akuisisi Saham Servo Meda

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Anak usaha PT Adaro Energy Tbk (ADRO) yakni PT Alam Tri Abadi (ATA), mengakuisisi 35 persen kepemilikan saham PT Servo Meda Sejahtera (SMS) senilai Rp200 miliar yang sebelumnya dimiliki PT Servo Infrastruktur (IS).

 

“Investasi kami di SMS merupakan bagian dari strategi kami untuk mengulangi kesuksesan bisnis model Adaro Indonesia di Kalimantan Selatan, seiring dengan langkah perusahaan untuk mengakuisisi dan mengembangkan aset tambang batu bara di Sumatera Selatan,” kata Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir, dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Ia mengemukakan, transaksi itu membawa Adaro Energy selangkah lebih dekat untuk memiliki dan atau mengendalikan rantai pasokan batu bara yang terintegrasi secara vertikal di Sumatera Selatan.

“Tujuan utama kami adalah untuk memberikan nilai tambah jangka panjang yang berkelanjutan dari batu bara Indonesia, mewujudkan Adaro Energy yang lebih besar dan lebih baik, serta pencapaian visi kami untuk menjadi kelompok perusahaan tambang dan energi Indonesia yang terkemuka,” kata dia.

Dijelaskan, penandatanganan akta jual beli dan pemindahan hak atas 35 persen saham itu telah dilakukan pada 10 Oktober 2011. Setelah dilakukannya transaksi itu, pemegang saham SMS menjadi, SI 50 persen, ATA 35 persen, dan PT Bumi Alam Sejahtera (BAS) 15 persen.

Garibaldi mengatakan, transaksi ini bukan merupakan transaksi material maupun transaksi yang mempunyai benturan kepentingan. “Transaksi ini dilakukan untuk menunjang dan mengembangkan kegiatan operasi logistik Adaro Energy dalam bidang batu bara di Sumatera Selatan,” katanya.

PT Servo Meda Sejahtera merupakan perusahaan penyedia pelayanan logistik batu bara yang terintegrasi di Sumatera Selatan. Melalui anak perusahaannya, PT Servo Meda Sejahtera memiliki jalan khusus batu bara di Sumatera Selatan yang memberikan layanan pengangkutan batu bara.

Disebutkan, melalui anak perusahaan lainnya, PT Servo Meda Sejahtera memiliki pelabuhan khusus untuk pengangkutan batu bara di pantai sebelah timur Sumatera Selatan yang memberikan layanan pemuatan batu bara ke atas kapal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s