Selain Freeport, Lahan Inco Pasti Berkurang

JAKARTA. Pemerintah menegaskan selain PT Freeport Indonesia, lahan konsesi nulik PT Inco Indonesia juga pasti akan dikurangi. Pengurangan lahan konsesi ini akan dituangkan dalam kontrak renegosiasi tambang terbaru.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Thamrin Sihite mengatakan, putusan pengurangan lahan itu dengan mempertimbangkan sisa masa kontrak Inco dan produksi per hari yang disetujui pemerintah. “Inco pasti akan berkurang luas wilayahnya,” ujarnya, Rabu (11/1).

Sayangnya, Thamrin enggan menjelaskan secara detil, luas lahan konsesi Inco yang akan berkurang. Dia juga enggan mengungkapkan luas. Inco dan total produksi yang disetujui pemerintah.

Yang jelas, selain soal luas wilayah konsesi, pemerintah juga sedang menego ulang perhitungan royalti Inco. Saat ini, kata Thamrin besaran royalti Inco berdasarkan tonase produksi.

Sementara pemerintah ingin agar dasar perhitungan royalti juga berdasarkan persentase serta memasukkan faktor harga pasar. “Sehingga kalau harga nikel naik artinya penjualan naik, persentasenya naik dan royalti pemerintah lebih besar,” jelas Thamrin.

Berdasarkan catatan Indonesian Mining Association, Inco merupakan satu dari sepuluh perusahaan tambang pemegang Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang saat ini memiliki luas lahan dj atas 100.000 hektare (ha).

Pemerintah juga kini sedang mengevaluasi perusahaan tersebut,
Inco menurut Direktur Eksekutif IMA, Syahrir AB memiliki luas lahan 190.513 hektare. Ia bilang dari sepuluh hanya tiga perusahaan yang merupakan anggota IMA. Yakni Inco, Berau dan Freeport. “Ketiganya sudah menyampaikan rencana jangka panjang produksi ke ESDM, ujarnya. Petrus Dabu

Sumber : Kontan, 12 Januari 2012

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s