Pemblokiran Batubara Lebih dari 3 Hari, Listrik Jawa Mulai Rawan

Jakarta – Beberapa elemen masyarakat di Kalimantan Selatan melakukan boikot pengiriman batubara di Sungai Barito. Jika pemboikotan dilakukan lebih dari 3 hari, pasokan listrik di Jawa bakal rawan.

Direktur Operasi Jawa-Bali PLN, Ngurah Adnyana mengatakan, listrik di Pulau Jawa saat ini memang sangat bergantung pada batubara dari Kalimantan dan Sumatera karena sudah menggunakan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

“Pasokan batubara tidak saja dari Kalimantan tapi ada dari Sumatera. Kalau boikotnya hanya 3 hari tidak berpengaruh pada PLTU di Jawa. Kalau berkepanjangan ya pasti PLTU kurang batubara,” jelas Adnyana kepada detikFinance, Senin (28/5/2012).

Dikatakan Adnyana, PLN mempunyai stok cadangan batubara selama 20-30 hari, meskipun begitu pemboikotan batubara di Kalimantan bakal membuat listrik di Jawa rawan, karena batubara yang dimiliki PLN tak hanya untuk keperluan di Jawa saja.

Menteri ESDM Jero Wacik mengkhawatirkan pemblokiran kapal pengirim batubara yang dilakukan elemen masyarakat di Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Jika itu terjadi berlarut-larut tak hanya Jawa yang ‘gelap gulita’ tetapi juga seluruh Indonesia.

Aksi masyarakat di Kalimantan memblokir batubara terjadi karena pemerintah pusat tidak mau menambah kuota atau jatah BBM subsidi yang makin tipis di Kalimantan. Masyarakat Kalimantan lelah harus antre di SPBU untuk mendapatkan BBM subsidi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s