Ekspor Batubara Masih Diizinkan

Bali-TAMBANG. Pemerintah masih mengizinkan adanya ekspor batubara yang dilakukan produsen. Ekspor bisa dilakukan jika kebutuhan domestik telah terpenuhi.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, pemerintah dalam waktu dekat belum akan membatasi atau melarang ekspor batubara. Dia menambahkan, saat ini ekspor batubara Indonesia masih cukup besar, yakni 75% dari total produksi.

“Kami akan tetap mengontrol ekspor batubara. Ekspor masih tetap bisa dilakukaan sepanjang kebutuhan dalam negeri bisa dipenuhi. Kami akan jaga komposisi ekspor,” kata Jero Wacik, dalam sambutan pembukaan Konferensi Coaltrans Asia ke-18 yang digelar di Bali International Convention Centre, hari ini.

Di satu sisi, lanjut Wacik, pihaknya mengajak pengusaha batubara yang selama ini hanya fokus berbisnis batubara agar ikut mengembangkan sumber energi terbarukan, seperti panas bumi, biomass, nabati, dan tenaga air.

“Pengusaha yang selama ini hanya fokus bisnis batubara saja, coba juga di panas bumi, biomass, nabati, PLTA,” ujar dia.

Wacik menjelaskan, saat ini porsi penggunaan batubara dalam kebijakan bauran energi di Indonesia masih tinggi, yakni mencapai sebesar 24,5%. Sementara porsi energi baru dan terbarukan (EBT) baru 5,7%.

Dalam target bauran energi 2025, seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 5 Tahun 2006, lanjut Jero Wacik, peran minyak bumi pelan-pelan diturunkan jadi sekitar 23%, peran gas 20%, batubara 30,7%, dan EBT meningkat signifikan jadi 25,9%.

Sementara, cadangan batubara Indonesia saat ini sebesar 28 miliar ton atau sekitar 3% dari total cadangan batubara dunia. Sementara, total sumberdaya batubara Indonesia mencapai 161 miliar ton, meningkat dari status 2010 sebesar 105 miliar ton.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s