Potensi Batubara Indonesia Mencapai 93 Miliar Ton

Indonesia patut berbangga dengan potensi sumber daya alamnya, khususnya batubara. Dari penyelidikan umum terakhir yang dilakukan Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi Departemen ESDM, terungkap cadangan batubara kita mencapai 93 miliar ton. Angka ini meningkat signifikan dari data yang telah dirilis tahun lalu.

Pada 2007, tercatat potensi batubara Indonesia mencapai 90,4 miliar ton. Tapi pada 2008 sudah meningkat menjadi 93 miliar ton. Kepala Pusat Sumber Daya Geologi, Hadiyanto, mengatakan perubahan signifikan ini setelah pihaknya bekerjasama dengan J-COAL, untuk membuat “The Joint Study on Evaluation of Coal Resources and Reserves in Indonesia”.

Dengan menggunakan software baru yang dipunyai, kata Hadiyanto, pihaknya mengumpulkan data-data dari perusahaan yang bergerak di batubara. Dari sana didapatkan perubahan yang signifikan, dimana sumber daya batubara kita sudah 93 miliar ton, dengan cadangannya yang mencapai 19 miliar ton.

“Padahal tahun yang lalu terdata cadangan batubara kita cuma 13,5 miliar ton,” tambahnya. Tahun ini, Pusat Sumber Daya Geologi juga memulai penelitian dan penyelidikan umum potensi dan cadangan batubara di Kalimantan Timur. Dengan begitu, dia optimis tahun depan jumlahnya akan bertambah lagi.

Untuk mengumpulkan data-data yang ada tahun ini, lanjut Hadiyanto, pihaknya melakukan penelitian terhadap seluruh tambang batubara di Sumatera Selatan. Tiga tahun penelitian itu dikerjakan, sampai akhirnya menemukan resources yang baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s