Cadangan Batubara Cuma 3%, RI Malah Rajin Ekspor

Jakarta – Jumlah cadangan batubara Indonesia saat ini cuma 3% dari jumlah cadangan dunia. Namun sebanyak 70-75% malah dieskpor ke luar negeri dan sisanya untuk domestik.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Edi Prasojo mengatakan untuk meminimalisir tingginya ekspor batubara, pemerintah juga sedang menyusun peraturan larangan ekspor batubara.

Lewat aturan tersebut, kebutuhan dalam negeri bisa diprioritaskan dan meningkatkan kadar batubara berkualitas rendah (low rank coal) agar lebih memiliki nilai tambah. Menurut Edi, ekspor batubara diprediksi masih berlanjut hingga 2014 dan akan merugikan kebutuhan batubara dalam negeri.

Pada kuartal I-2012, produksi batubara Indonesia menembus 90 juta ton. Perlu dibuat regulasi larangan ekspor karena batubara diproyeksikan menjadi prioritas utama seiring penggunaan energi alternatif.

“Jumlah cadangan kita terbatas karena hanya tiga persen dari cadangan dunia. Kita harus sadar ini. Dibandingkan cadangan dunia, kit itu hanya tiga persen. Makanya kita harus optimalkan,” kata Edi di Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Dia menambahkan, untuk mendukung kebutuhan batubara dalam negeri, pemerintah akan berkoordinasi dengan instansi ataupun perusahaan batubara di tiap daerah. Agar produksi batubara bisa terarah secara efisien dan berjangka panjang. Kebutuhan batubara dalam negeri pun diharapkan secara bertahap bisa seimbang dengan angka ekspor.

“Ya, setidaknya sama. Kita kan maunya seimbang. Jadi, semua pihak harus terlibat. Misalkan pemerintah daerah, dan perusahaan batubara tersebut. Kita harus lihat dan sadar kalau cadangan batubara kita juga terbatas,” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s