Perusahaan Batubara Kecil Siap Penuhi Pasokan PLN

Jakarta – Para pengusaha batubara skala kecil dan menengah di Indonesia mengaku siap untuk memenuhi kebutuhan batubara PLN yang diperkirakan bakal naik menjadi 57 juta ton tahun depan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Ferry Juliantono kepada detikFinance, Kamis (27/10/2011).

“Anggota kami siap. Tahun depan target produksi batubara kami kira-kira sekitar 60 juta ton,” katanya.

Ferry mengatakan ke depan dia meminta adanya definisi yang jelas dari pemerintah soal harga acuan batubara sehingga tidak ada perbedaan penafsiran.

Aspebindo merupakan asosiasi perusahaan batubara baru yang anggotanya ada di 7 provinsi di Indonesia. Asosiasi perusahan skala kecil dan menengah batubara ini mempunyai anggota sebanyak 100 perusahaan.

“Perusahaan seperti kamilah yang pada kenyataannya sebagai contoh hampir dua per tiga atau dari seluruh pasokan batubara kepada PLN atau ekuivalen dengan kurang lebih puluhan juta ton dihasilkan dari perusahaan seperti kami,” kata Ferry.

Di tempat terpisah, Direktur Energi Primer PLN Nur Pamudji mengatakan kebutuhan batubara PLN tahun depan naik sekitar 30% dari kebutuhan tahun ini.

Kenaikan kebutuhan batubara ini karena proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 10 ribu megawatt (MW) serta PLTU Tanjungjati B III dan IV beroperasi penuh tahun depan.

“Juga ada tambahan PLTU Kanci Cirebon 600 MW dan PLTU Paiton 800 MW,” tukas Nur Pamudji.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s