MALAM PENGANUGERAHAN RKAB AWARD 2012

Pada hari Jumat 22 Maret 2013, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan Malam Penganugerahan RKAB Award 2012RKAB Award adalah penghargaan Pemerintah kepada perusahaan pertambangan batubara Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) berdasarkan evaluasi kinerja Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) oleh PKP2B tahun 2012. Penyelenggaraan RKAB Award tahun ini merupakan penyelenggaraan untuk yang kedua kalinya, setelah pertama sekali dilaksanakan pada tahun yang lalu. Tujuan penyelenggaraan RKAB Award adalah untuk menilai kinerja pelaksanaan RKAB oleh masing-masing PKP2B sehingga dapat memotivasi PKP2B untuk menjalankan kegiatannya sesuai dengan RKAB yang telah disetujui oleh Pemerintah.

Pelaksanaan kegiatan oleh PKP2B sesuai dengan RKAB yang disetujui Pemerintah penting karena terkait dengan peran Sektor ESDM khususnya Sub Sektor Mineral dan Batubara dalam mendukung program pembangunanFour Track Strategy yaitu: Pro Growth melalui kontribusi penerimaan negara pajak dan bukan pajak pertambangan serta sumber energi untuk kelistrikan dan industri; Pro Job  melalui penyerapan tenaga kerja dan penggunaan peralatan yang diproduksi dalam negeri pada kegiatan pertambangan; Pro Poor melalui pengembangan dan pemberdayaan masyarakat khususnya sekitar tambang; dan Pro Environment melalui reklamasi dan pascatambang.

PKP2B yang dinilai dalam RKAB Award ini adalah seluruh PKP2B yang berjumlah 74 yang terbagi atas PKP2B Tahap Pra Produksi dan PKP2B Tahap Produksi. Penilaian terhadap kinerja PKP2B terbagi atas 2 kelompok yaitu: kelompok pertama untuk PKP2B Tahap Pra Produksi dan kelompok kedua PKP2B Tahap Produksi. Untuk penilaian terhadap kelompok PKP2B Tahap Pra Produksi berdasarkan kriteria: tidak dalam masa suspensi (penangguhan kegiatan), tidak mempunyai masalah dalam perizinan, serta melaksanakan kegiatan eksplorasi sesuai persetujuan Pemerintah. Sementara penilaian untuk kelompok PKP2B Tahap Produksi berdasarkan penilaian pada 5 aspek yaitu: Aspek Operasi Produksi dan Pemasaran Batubara Terbaik, Aspek Keuangan Terbaik, Aspek Eksplorasi Batubara Terbaik, Aspek Community Development Terbaik, dan Aspek Perizinan Terbaik.

RKAB Award  sebagai agenda yang dilaksanakan rutin setiap tahun diharapkan menjadi pemacu dan motivasi bagi PKP2B pada khususnya serta seluruh perusahaan pertambangan lainnya antara lain: Kontrak Karya dan Izin Usaha Pertambangan. Pemerintah, masyarakat, dan perusahaaan pertambangan bersama-sama sebagai pemangku kepentingan sub sektor mineral dan batubara sesuai perannya masing-masing memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan nasional khususnya dalam sub sektor mineral dan batubara.

Penyerahan RKAB Award 2012 disampaikan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Thamrin Sihite, Staf Khusus Menteri ESDM Thobrani Alwi,  dan para Pejabat Eselon II di lingkungan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara kepada para Direksi serta perwakilan PKP2B  yang berhasil meraih predikat terbaik pada masing-masing kategori.

Sumber: Direktorat Pembinaan Pengusahaan Batubara, Ditjen Mineral dan Batubara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s