Batubara Talang Ubi Muaraenim

Daerah Talang Ubi secara administratif terletak dalam Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Muara Enim dan Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan.

Di daerah ini ditutupi oleh tiga formasi dengan kedudukan selaras satu sama lainnya berumur Miosen – Pliosen. Urutan  Formasi dari tua ke muda adalah Formasi Air Benakat, Muara Enim dan Kasai yang diendapkan pada fase regresi Cekungan Sumatera Selatan. Formasi Muara Enim bertindak sebagai pembawa endapan batubara utama di cekungan tersebut.

     Batubara di daerah Talang Ubi dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok bawah terdiri dari Seam Petai, Suban dan Mangus dengan penyebaran tidak kontinu dan ketebalan total rata-rata 8 m. Kelompok atas terdapat dalam anggota M4 terdiri dari tiga lapisan utama . Panjang sebarannya mencapai 45 km dengan kemiringan rata-rata 5o.

     Mutu batubara daerah Talang Ubi termasuk klas Subbituminous Hight Volatile dengan kisaran nilai kalori 6208 – 6692 kal/kg (daf) kandungan abu (adb) rata-rata 6% dan Inherent Moisture (adb) 12,9 – 15,1%, serta kandungan sulfur rata-rata rendah tidak lebih dari 0,2%.

     Sumberdaya batubara dengan batasan ketebalan minimum 1,0 m dan dihitung sampai kedalaman 50 m memberikan angka 1,6 milyar ton.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s