Jual Beli IUP Batubara

Dalam pasal 41 juncto pasal 36 UU Minerba, IUP tidak dapat digunakan selain (oleh pihak) yang dimaksud dalam pemberian IUP, yaitu melakukan sebagian atau seluruh kegiatan ekplorasi atau operasi produksi. Oleh karena itu, terminologi ”jual-beli” IUP tidak dibenarkan sebagaimana diatur dalam pasal 93 ayat (1) UU Minerba. Sedangkan ”pengalihan kepemilikan dan/atau saham di bursa saham Indonesia” hanya dapat dilakukan setelah (pemegang IUP) melakukan kegiatan eksplorasi tahapan tertentu (vide pasal 93 ayat (2) UU Minerba).
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, pengalihan kepemilikan IUP dan/atau saham di bursa saham hanya dapat dilakukan, apabila pemegang IUP telah menyelesaikan tahap kegiatan eksplorasi atau telah ditemukan 2 (dua) wilayah prospek dalam kegiatan eksplorasi, mendapatkan persetujuan dari pemberi izin (Menteri, gubernur atau bupati/walikota) serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.
Selain itu. berdasarkan pasal 9 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Minnerba, pemegang/pemohon IUP dibatasi hanya boleh memiliki 1 (satu) Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP). Ini berarti pemegang IUP hanya boleh memiliki satu IUP untuk satu jenis mineral/batubara (vide pasal 40 UU Minerba), kecuali pemegang IUP adalah badan usaha yang sudah terbuka (go public).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s