PT RMK Energy Siap Garap Jalan Khusus Batubara

RMOL.PT RMK Energy berecana akan membangun jalan khusus batubara di Sumatera Selatan sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan Gandus Palembang-Simpang Meo Muaraenim. Sebagai jalan khusus truk angkutan batubara dengan dana hingga US 50 juta.

 
Direktur Utama PT RMK Energy, Toni Saputra mengatakan, pihaknya akan segera melengkapi persyaratan yang diperlukan, hal tersebut dilakukan agar segera mengantongi izin pembangunan jalan.
 
Sehingga pengerjaan dapat segera berjalan. Mengingat jalan yang akan dibangun merupakan lahan perkebunan dan rawa, serta fasilitas warga. Pihaknya telah melakukan pendataan dan pengujian. 
 
Pihaknya meyakini akan menyelesaikan pembuatan jalan selama 2 tahun, jika syarat telah dilengkapi, dan izin dikeluarkan.
 
“Seperti kita ketahui, jika permasalahan truk angkutan batubara yang kerap kucing-kucingan dengan petugas, hampir terjadi setiap hari. Meski dilarang, mereka tetap membandel untuk melintas di jalan umum.  Ini alternatif untuk mengakomodir perusahaan tambang besar untuk bisa mengeluarkan hasil produksinya,” katanya di Griya Agung, Senin (28/4).
 
Sementara itu, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, pihaknya tetap mempersilahkan siapa saja yang ingin membangun jalan khusus. Namun, ia tetap mengingatkan agar benar-benar teliti dan melakukan pengitungan yang akurat.
 
“Jangan terjebak nafsu besar namun kedepan nanti kenyataan tak sesuai harapan,” jelasnya.
 
Disamping itu, Alex berharap dan mendukung agar pembangunan jalan alternative khusus batubara segera terealisasi. Terlebih lagi, saat ini truk batubara memang tak boleh lagi melewati jalan umum sehingga jalan khusus menjadi alternatif yang dapat digunakan.
 
“Keputusan untuk persyaratan tetap berada di tangan Kementerian Perhubungan, sedangkan Sumsel hanya memberikan rekomendasi terkait usulan tersebut,” tukasnya. [yud]
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s