PLN Tak Lagi Ngotot Soal Batasan Kalori Batu Bara

Awalnya, kedua proyek itu wajib menggunakan batu bara dengan kalori 3.000 kkal per kg. Namun PT Bukit Asam Tbk dan PT Adaro Energy Tbk sebagai peserta tender keberatan. PLN pun kini mulai melunak dan akan membolehkan penggunaan batubara kalori di bawah 3.000 kkal per kg serta batu bara berkalori di atas 3.000 kkal per kg.

Sebagai gambaran, PLTU Mulut Tambang Sumsel 9 berkapasitas 2×600 megawatt (MW). Adapun PLTU Mulut Tambang Sumsel 10 berkapasitas 1×600 MW dengan total investasi sekitar US$ 3 miliar.

General Manager PT Pendopo Energi Batubara Bambang Triharyono menuturkan pembagian jenis kalori dalam proyek ersbut baru tercetus dalam peremuan rapat yang dilakukan Menteri Perekonomian Chairul Tanjung dan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman.

“Untuk yang PLTU Mulut Tambang Sumsel 9 akan memakai kalori 3.000 kkal/kg, untuk PLTU Mulut Tambang Sumsel 10 memakai kalori tinggi,” jelasnya.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto menyatakan hingga saat ini PLN masih menunggu keputusan pemerintah terkait tender PLTU Mulut Tambang Sumsel 9 dan 10 tersebut.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Dirjen Ketenagalistrikan, Jarman mengatakan kalori batubara yang digunakan dalam tender PLTU Mulut Tambang Sumsel 9 dan 10 tergantung pada jenis pembangkit.

Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Tbk, Joko Pramono mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai rencana pembagian tender PLTU Sumsel 9 dan 10 tersebut. Namun PTBA tetap akan mengikuti proses tender proyek PLTU Mulut Tambang 9 dan 10.

Joko berpendapat, dalam tender pembangunan pembangkit listrik mulut tambang idealnya memang tidak ada batasan kalori batubara. Sebab Peraturan Menteri ESDM No 10/2014 tentang Tata Penyediaan dan Penetapan Harga Batubara Untuk Pembangkit Listrik Mulut Tambang juga tidak membatasi kalori batubara PLTU.

Lagi pula, dalam dua tender PLTU Mulut Tambang yang dimenangkan PTBA, tak ada pembatasan kalori tersebut. Asal tahu saja, PTBA saat ini tengah merampungkan pembangunan PLTU Mulut Tambang Banjarsari berkapasitas 2×100 MW di Tanjung Enim, serta membangun PLTU Mulut Tambang Sumsel 8.

“Harapannya, tahun 2017 sudah beroperasi,” ungkap Joko.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s