ESDM: Perang Dagang Minyak Turunkan Harga Batu Bara

Bisnis.com,JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim turunnya harga minyak dunia membuat harga batu bara Indonesia anjlok di kisaran US$60 per ton.Dirjen Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan awal 2014 harga batu bara masih di kisaran US$80 per ton. Namun, perang dagang antara Amerika Serikat dan OPEC membuat harga batu bara sepanjang tahun ini anjlok.
“Amerika produsen shale oil dan shale gas, OPEC produsen minyak bumi. Keduanya tidak mau menurunkan produksi, sehingga pasokan komoditas energi berlimpah,” ujarnya, Selasa (16/12/2014).
Sukhyar mengungkapkan minyak bumi dan shale gas masih dianggap sebagai komoditas yang lebih baik jika dibandingkan dengan komoditas batu bara. Sehingga, jika harga kedua komoditas ini turun, konsumen akan meninggalkan batu bara dan beralih ke dua komoditas itu.
Dia menambahkan Indonesia memiliki cadangan shale gas dan shale oil yang sangat besar, sekitar 560 triliun kaki kubik (tcf) untuk shale gas. namun sayangnya, ungkapnya, pemerintah belum berhasil mengeksploitasi cadangan tersebut secara optimal.
“Karena dibutuhkan teknologi yang canggih seperti yang dilakukan Amerika Serikat,” ungkasnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s