Jokowi Ingin Bangun Pembangkit Listrik 35.000 MW, Menteri ESDM Gerak Cepat

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyatakan bahwa kondisi kelistrikan di hampir seluruh provinsi di Indonesia sudah ‘merah’ alias defisit. Oleh karena itu, Jokowi punya target membangun pembangkit listrik dengan kapasitas total 35.000 megawatt (MW).

Untuk mewujudkan target tersebut, Menteri ESDM Sudirman Said pun bergerak cepat. Setelah program besar disusun pekan lalu, Sudirman langsung mengumpulkan para pimpinan di sektor listrik yang terdiri dari Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Direksi PT PLN (Persero), Direksi PT Pertamina (Persero), Direksi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), Direksi PT Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA), dan banyak lagi. Tujuan pertemuan ini adalah memastikan agar proyek-proyek pembangkit listrik yang akan dibangun tidak akan kekurangan pasokan energi.

Sudirman kemudian membentuk Unit Pelaksana Program Pembangunan Nasional yang dipimpin mantan Direktur Utama PLN Nur Pamudji. Unit ini bertugas mengawal menyelesaikan hambatan program 35.000 MW.

Program sudah disusun, pasokan energi disiapkan, unit khusus sudah dibentuk. Sudirman pun melanjutkan gerak cepatnya dengan mengumpulkan para pengusaha listrik swasta atau Independent Power Producers(IPP) di kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan di Kuningan, Jakarta Selatan, hari ini.

Keterlibatan IPP memang vital dalam pembangunan pembangkit 35.000 MW. Pasalnya, PLN diperkirakan hanya akan membangun 10.000 MW sementara sisanya diharapkan datang dari swasta.

“Tujuan pertemuan ini adalah menjelaskan kebijakan pemerintah membangun 35.000 MW. Kepada mereka kami jelaskan bahwa program ini memberi kesempatan besar pada IPP untuk bersama PLN bangun 35.000 MW plus transmisi. Pertemuan ini untuk mendengarkan masukan dan memberikan gambaran kepada mereka soal komitmen yang bisa kami berikan,” jelas Sudirman di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Selasa (20/1/2015).

Sudirman mengatakan, 23 IPP yang hadir dan ditambah Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia mempunyai kemampuan finansial dan teknis yang diharapkan dapat menyerap proyek program listrik 35.000 MW

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s