Dirjen Minerba: Revisi UU Minerba Tak Akan Selesai di Tahun 2015

Jakarta, O&G Indonesia — Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengungkapkan bahwa target revisi Undang-Undang No.4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara tidak akan selesai pada tahun 2015.

“Sampai saat ini kami belum terima draft dari parlemen. Dan untuk waktunya, kalau kemarin kita dengar dari parlemen itu jadi prioritas Prolegnas tahun 2015, tapi ini waktunya sudah hampir Oktober. Kemungkinan besar tidak akan jadi pada tahun ini,” kata Bambang di kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa, (29/09).

Diucapkan oleh Bambang, UU Minerba yang keluar tahun 2009 memang banyak sekali kekurangannya dengan situasi di lapangan pada saat ini. “Namun kalau kita lihat secara jernih, bukan berarti Undang-Undangnya yang salah tapi lebih banyak dipengaruhi oleh law enforcement yang tidak jalan,” tuturnya.

Karena itu, Pemerintah masih menerima masukan-masukan terkait perbaikan UU Minerba dari berbagai stakeholder di bidang pertambangan mineral dan batubara. “Tentunya sangat penting bagi Pemerintah untuk memperkaya substansi dari hal-hal yang diatur dalam UU No.4 (Tahun 2009), dari pandangan para pakar,” ujarnya.

“Perbedaan-perbedaan (pendapat) dan tambahan-tambahan informasi itu bisa menjadi kelengkapan kita untuk menjadikan industri pertambangan menjadi lebih baik dan memberi kontribusi kepada negara,” pungkasnya. RH

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s