PTBA akan tutup tambang Bukit Kendi

JAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan segera menutup salah satu tambangnya yang dikelola PT Batubara Bukit Kendi. Milawarma, Direktur Utama PTBA mengatakan, penutupan tambang ini dilakukan karena Bukit Kendi sudah tidak efisien lagi.

Tambang Bukit Kendi di Sumatera Selatan dibentuk tahun 1996 dengan kepemilikan saham sebesar 75%. Sejak tahun 2010 Bukit Kendi sempat tak beroperasi karena ada masalah izin prinsip. Setahun berselang, perseroan berupaya mengoperasikan kembali Bukit Kendi setelah mendapat izin prinsip pada tahun 2011. Namun, karena kondisi pasar yang lesu, PTBA merasa menutup tambang tersebut akan lebih efisien ketimbang meneruskan produksinya.

Apalagi, cadangan batubara dari Bukit Kendi hanya tersisa 2 juta ton. “Cadangan yang tersisa tinggal sedikit. Kami akan tutup karena kalau diteruskan juga tidak efisien dan memakan biaya besar,” ujar Milawarma, Senin (9/11).

Menurutnya, aset yang ada di tambang Bukit Kendi juga tidak terlalu besar, sehingga penutupan ini tak berpengaruh pada kinerja PTBA. Saat ini, kawasan tersebut akan kembali direklamasi oleh perseroan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s