Proyek Listrik 35 ribu Mw Bisa Dimonopoli Swasta

JAKARTA – Proyek pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW dituding menjadi upaya untuk memantapkan privatisasi penyediaan energi listrik untuk masyarakat. Pasalnya dalam proyek ini disinyalir peran PT PLN sebagai BUMN yang bertanggung jawab menyediakan listrik akan bergeser.

Ketua Pembina Serikat Pekerja (SP) PLN, Ahmad Daryoko mengatakan, dengan banyaknya perusahaan pembangkit listrik swasta atau independent power producer (IPP) yang ikut berkecimpung, maka sinyal pemisahan penguasaan usaha kelistrikan dari PLN semakin kuat.

“Alih-alih sebagai upaya meningkatkan rasio elektrifikasi, proyek ini justru membuka ruang adanya bancakan politik guna membagi-bagi jatah. Karena BUMN Ketenagalistrikan bukanlah yang dipercaya kan secara penuh sebagai perusahaan penyedia listrik,” katanya di Warung Komando, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Daryoko juga mengatakan, peningkatan ketergantungan dengan kepada perusahaan swasta juga terlihat dari Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2015-2024. Di mana di dalamnya menyebut peran perusahaan listrik swasta akan meningkat dari 15 persen menjadi 32 persen pada 2019 dan 41 persen pada 2024.

Menurutnya, hal itu juga semakin diperkuat dengan lahirnya UU No 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan (UU Ketenagalistrikan). Di mana tertulis pengoperasian dan pemeliharaan dalam kegiatan penyediaan listrik sudah tidak sepenuhnya dilakukan oleh PLN.

“Jika hal itu terus terjadi, maka konsep penguasaan energi oleh negara untuk kepentingan masyarakat akan diambil oleh swasta. Jelas mereka misinya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya,” pungkasnya.

(mrt)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s