Pemerintah akan ambil alih tender proyek 35.000 MW

JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengambil alih proses kualifikasi tender dalam megaproyek ketenagalistrikan 35.000 Megawatt (MW) yang sejatinya dilakukan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Hal itu dilakukan Kementerian ESDM lantaran adanya proses tender yang diberhentikan. Antara lain, tender Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 5, Banten, Jawa Barat.

Bahkan, menurut data Unit Pelaksana Program Pembangunan Ketenagalistrikan (UP3KN) Kementerian ESDM, masih ada sekitar 16.000 MW yang seharusnya sudah dilelang, namun tidak berjalan.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM, Sujatmiko menyebutkan, apabila PLN tidak bisa melaksanakan proses tender dengan cepat seperti yang diharapkan, Kementerian ESDM akan mencari pola pengadaan yang lebih cepat.

“Pengambilalihannya apakah nanti pemerintah atau melalui badan usaha langsung,” terangnya di Kantor Kementerian ESDM, Kamis (26/5).

Saat ini Kementerian ESDM masih mengkaji pola pengadaan tender tersebut. Jika diperlukan, Kementerian ESDM juga akan menerbitkan beleid baru terkait dengan pengambilalihan proses tender itu.

“Ya nanti (beleid) kalau diperlukan akan dibuat,” ujar Sujatmiko.

Sujatmiko menyebutkan, seharusnya semua lelang sudah bisa selesai pada tahun ini. Karena itu, ketentuan pengambilalihan tender akan dialihkan ke pemerintah apabila PLN tidak menjalankan proses lelang di tahun ini.

“Sambil melihat. Kan, harusnya lelang sudah beres semua tahun ini. Kalau tidak beres bagaimana? Nah, PLN dalam waktu dekat akan melaporkan ke pemerintah,” tandasnya.

Ia menambahkan, apabila tender tidak dilakukan tahun ini, maka proyek 35.000 MW akan terhambat. “Maka dari itu, ya sedang dikaji cara terbaik untuk lelangnya,” tegas Sujatmiko.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s